Sudah Pernah Merasakan Pancake Durian Medan? Ini Dia Resep Cara Buat Pancake Durian Medan

Olahan daging durian ini memiliki rasa yang manis dari daging buah durian dan lumer jika digigit di mulut.

Pancake Durian
Pancake Durian

Buah Durian merupakan ikon buah khas kota Medan. Kelezatan durian khas kota Medan ini memang sudah tidak diragukan lagi.

Jika sedang musim buah durian, banyak sekali di temukan penjual buah durian di pinggiran jalan raya Medan. Rasa daging durian yang manis berpadu dengan aroma durian yang tajam seringkali mengundang selera setiap orang yang menciumnya.

Bagi para wisatawan yang ingin menjadikan buah durian sebagai oleh-oleh, tentunya cukup sulit untuk membawa durian utuh.

Namun, sekarang sudah ada cara baru untuk tetap bisa menikmati buah durian khas Medan ini yaitu buah durian diolah menjadi sebuah Pancake Durian.

Pancake Durian merupakan olahan buah durian yang di bungkus dengan kulit pancake yang tipis dan lembut. Olahan daging durian ini memiliki rasa yang manis dari daging buah durian dan lumer jika di gigit di mulut.

Menu yang satu ini kini telah menjadi oleh-oleh wajib jika berkunjung ke kota Medan.

Namun sayangnya, menu ini tidak bisa bertahan lama dalam perjalanan jauh dan aromanya dapat mengganggu bagi orang lain yang tak menyukai durian.

Daripada pusing mikirin gimana cara bawa pulang oleh-oleh khas kota Medan ini, lebih baik buat sendiri ya, kan?!

Selain lebih hemat dan terjamin kualitasnya, cara pembuatannya juga cukup mudah kok. Jadi, kamu tetap bisa menikmati kelezatan pancake durian khas kota Medan tersebut tanpa harus jauh-jauh datang langsung ke kota Medan.

Sebenarnya , ada banyak kreasi dalam membuat pancake. Kamu bisa mengkombinasikan isinya dengan berbagai rasa, seperti cokelat, keju, strawberry, madu dan lain-lain.

Nah, kali ini saya akan memberikan resep cara membuat pancake durian khas kota Medan. Untuk isi pancakenya, saya menggunakan buah durian original agar lebih terasa khas kota Medan nya.

Atau kamu juga boleh menggunakan jenis isian lain sesuai dengan selera. Tidak melulu harus isi durian kok! hehe

Penasaran gimana cara buatnya?!

Oke… Let’s check it out 😉

Bahan-bahan Kulit Pancake:

  • 200 gram tepung terigu
  • 4 butir telur ayam
  • 200 ml susu cair
  • Pastan pandan secukupnya (± 2-3 tetes)

Bahan-bahan Isi Pancake:

  • 1-2 bungkus krim kocok (whipped cream), dikocok
  • Lumatkan daging buah durian hingga lumat secukupnya (± 3-4 buah durian yang telah dipisahkan dari bijinya)

Cara Membuat:

  • Campurkan tepung terigu, telur ayam, susu cair dan pasta pandan. Aduk semua bahan tersebut hingga merata.
  • Olesi teflon dengan sedikit mentega, lalu panaskan dengan api kecil. Jika teflon sudah panas, masukkan adonan tadi dibuat dadar berbentuk bulat tipis. Tunggu hingga matang dan berwarna kuning keemasan, lalu angkat. Lakukan hingga semua adonan habis.
  • Ambil selembar kulit pancake. Isi dengan krim dan daging durian. Lalu lipat kulit pancake hingga rapi.

Gimana? Gampang kan, cara buatnya?!

Nah, itu dia resep cara buat pancake durian khas kota Medan yang simple dan mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah kok untuk ditemukan.

Dengan membuat sendiri tentunya akan lebih hemat daripada memmbeli serta terjaga kualitasnya. Selain itu kamu bisa mengkreasikan sendiri bentuk pancake sesuai keinginan atau mengganti warna kulit pancake dengan warna yang lebih menarik.

Tidak melulu harus warna hijau kok! Kamu juga bisa memberi pasta durian berwarna kuning seperti gambar diatas.

Menu pancake durian ini tentunya sangat cocok untuk disajikan sebagai cemilan saat berbuka puasa. Rasa manis dan lembut dari buah durian tentunya dapat mengembalikan mood dan tenga setelah satu hari penuh melaksanakan ibadah puasa.

Jadi, cemilan berbuka puasa tidak melulu harus bubur, kolak atau gorengan. Menu pancake durian ini tentunya juga bisa untuk disajikan sebagai menu pencuci mulut.

Oiya… jika kamu sedang mencari cemilan untuk berbuka puasa selama di bulan ramadhan kamu bisa kunjungi Pojok UKM Deli Serdang ya…

Pojok UKM merupakan tempat belanja hasil produksi UMKM Deli Serdang mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan hingga souvenir yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Deli Serdang yang pastinya unik dan menarik.

Pojok UKM Deli Serdang terletak di Jalan Karya Utama No. 4 Lubuk Pakam (Komplek Kantor Bupati Deli Serdang). Lebih tepatnya terletak disamping Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang.

Pojok UKM kini juga sudah hadir di Taman Buah Lubuk Pakam lho…

Pojok UKM Taman Buah Lubuk Pakam berada di area sebelah kiri Pintu Masuk Utama Taman Buah Lubuk Pakam. Tepatnya berada di area sebelah kiri Patung Buah Taman Buah Lubuk Pakam.

Jadi, buat kamu yang ingin berekreasi ke Taman Buah Lubuk Pakam, kamu bisa singgah sebentar ke Pojok UKM untuk membeli cemilan atau oleh-oleh khas Deli Serdang pastinya.

Produk UMKM Deli Serdang ini juga bisa kamu pesan secara online via website Deli Serdang Mall di www.deliserdangmall.com atau via chat WhatsApp di 0811 6147 773

Atau download langsung aplikasinya di Play Store untuk pemesanan kapan saja dan dimana saja.

Beragam produk UMKM Deli Serdang juga bisa kamu temukan di P3UD (Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah) Deli Serdang yang terletak di Jalan Medan – Lubuk Pakam kilometer 20,2 Tanjung Morawa.

Oke… Happy Trying 😉