Sudah Pernah Dengar Objek Wisata Danau Linting? Bagaimana Cara Ke Danau Linting?

Menurut cerita, dahulunya danau linting adalah sebuah perbukitan yang tiba-tiba berubah menjadi sebuah danau.

Danau Linting
Danau Linting

Baru-baru ini saat saya sedang asik buka-buka explore di instagram, saya menemukan sebuah objek wisata baru di Deli Serdang yang sedang booming tapi terkesan mistis pada salah satu akun objek wisata di Sumatera Utara.

Saya pikir sih masih banyak yang belum tahu mengenai tempat tersebut karena masih belum terlalu terekspos seperti objek wisata lainnya.

Yap… Objek wisata yang indah tapi terkesan mistis yang saya maksud tersebut itu adalah Danau Linting.

Nah, apa kamu juga sudah pernah mendengar informasi mengenai danau yang dianggap mistis ini?

Kira-kira apakah kamu juga tertarik ingin melihat secara langsung bagaimana sih Danau Linting yang indah dan terkesan mistis itu? Terus bagaimana ya akses menuju ke Danau Linting tersebut?

Baiklah… Disini saya akan menjelaskan sekilas mengenai danau tersebut dan bagaimana akses ke danau tersebut.

Oke… Jangan kemana-mana ya.

Stay Tuned 😉

Menurut cerita yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, dahulunya danau linting adalah sebuah perbukitan yang tiba-tiba berubah menjadi sebuah danau yang dipenuhi air setelah tiba-tiba terjadi ledakan yang sangat keras dari tempat tersebut disusul dengan terjadinya gempa yang hebat.

Setelah kejadian tersebut kawasan perbukitan yang dulunya ada kemudian berubah menjadi sebuah danau yang kemudian disebut sebagai Danau Linting.

Danau ini terkesan mistis dikarenakan adanya kepercayaan yang berkembang di masyarakat bahwa danau ini dihuni oleh putri cantik.

Hal ini kemudian berkembang dengan adanya larangan anak laki-laki untuk mandi di danau tersebut karena makhluk halus tersebut menyukai anak laki-laki yang akan di bawanya ke dasar danau.

Mitos yang berkembang tersebut memang tidak dapat diterima akal namun ada baiknya untuk tetap diperhatikan sebelum terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Namun, kamu juga dapat menikmati air danau yang hangat ini dengan berendam di pinggiran danau.

Airnya hangat?!

Yap… Uniknya Danau Linting ini memiliki air yang hangat sekitar 30 derajat celcius sehingga kamu dapat berendam di pinggiran danau untuk sekedar merelaksasi diri.

Terus Danau Linting ini letaknya dimana sih?

Danau Linting ini lebih dikenal berada di Desa Tiga Juhar.

Namun, secara administratif menjadi bagian dari tiga desa sehingga alamat yang tepat untuk lokasi danau ini adalah di Desa Sibunga-bunga, Desa Gunung Manumpak dan Desa Durian IV Mbelang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang. Nah, objek wisata ini tidak terlau jauh dari kota Medan.

Untuk mencapainya, kamu cukup menempuh jarak sekitar 70 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Medan melalui Delitua dan Patumbak, Deli Serdang.

Selanjutnya kamu akan sampai di Desa Talun Kenas sebelum dilanjutkan menuju Desa Siguci, Desa Kurajurung disusul Desa Tiga Juhar.

Selain berangkat dari Kota Medan, perjalanan juga dapat dimulai dari Lubuk Pakam. Dimulai dengan menyusuri Jalan Raya Galang menuju Bangun Purba berlanjut ke Sibiru-biru lalu ke STM Hilir dan Tiga Johar sebelum akhirnya memasuki kawasan tiga desa yang menjadi lokasi dari danau tersebut.

Sepanjang perjalanan menuju danau tersebut kamu akan disuguhi pemandangan hijau perkebunan kelapa sawit, koka, hingga karet yang berjejer di pinggir jalan.

Namun sayangnya, kondisi jalan yang dilewati tidak terlalu mulus sehingga ada baiknya kamu menggunakan kendaraan sepeda motor.

Kondisi jalan yang naik turun, belokan tajam dan ada yang berlobang di beberapa ruas jalan bukan berarti menyurutkan semangat untuk menikmati keindahan danau tersebut yaa… Traveler sejati seharusnya tidak mempermasalahkan akses tersebut hehe…

Tiket masuk ke dalam Danau Linting ini sangat terjangkau yaitu hanya Rp. 5.000,- saja. Murah banget kan! Di dalam kawasan danau tersebut juga tersedia aneka makanan dan minuman yang dijajakan oleh masyarakat sekitar dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, mereka juga menawarkan tikar yang dapat kamu sewa dengan harga sekitar Rp. 10.000,- hingga Rp. 20.000,- sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk membawa tikar jika ingin ke danau ini. Pemandangan di sekitar danau juga tidak kalah menarik.

Kamu bisa menikmati hamparan pohon-pohon tinggi nan hijau serta semilir angin yang lembut yang akan membayar semua letih dan penat sepanjang perjalanan.

Nah, itu dia sekilas tentang danau linting dan akses menuju danau tersebut.

Sebelum melakukan perjalanan ke danau tersebut jangan lupa sediakan makanan dan minuman untuk bekal kamu selama di perjalanan dan pada saat tiba di danau linting tersebut ya…

Oiya, kalo masalah makanan dan minuman yang cocok untuk menemani perjalanan, kamu gak usah bingung.

Datang saja ke Pojok UKM Deli Serdang.

Pojok UKM merupakan tempat belanja hasil produksi UMKM Deli Serdang mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan hingga souvenir yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Deli Serdang yang pastinya unik dan menarik.

Pojok UKM Deli Serdang terletak di Jalan Karya Utama No. 4 Lubuk Pakam (Komplek Kantor Bupati Deli Serdang). Lebih tepatnya terletak disamping Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang.

Pojok UKM kini juga sudah hadir di Taman Buah Lubuk Pakam lho…

Pojok UKM Taman Buah Lubuk Pakam berada di area sebelah kiri Pintu Utama Taman Buah Lubuk Pakam. Tepatnya berada di area sebelah kiri Patung Buah Taman Buah Lubuk Pakam.

Selain itu, Pojok UKM kini juga sudah hadir di Kolam Renang Deli Serdang ya…

Kolam Renang Deli Serdang berada di Jalan Negara (Kawasan Pusat Seni, Budaya dan Olahraga) Lubuk Pakam. Lebih tepatnya berada di Area Parkir Kolam Renang Deli Serdang.

Jadi, buat kamu yang ingin berekreasi ke Taman Buah Lubuk Pakam atau ingin menikmati wisata air di Kolam Renang Deli Serdang, kamu bisa singgah sebentar ke Pojok UKM untuk membeli cemilan dan oleh-oleh khas Deli Serdang pastinya.

Buat kamu yang sedang ingin keluar kota melalui Bandara Internasional Kualanamu, kamu juga bisa mencari oleh-oleh khas Deli Serdang di Stand Deli Serdang Mall Kualanamu.

Di Stand Deli Serdang Mall Kualanamu ini juga tersedia beragam oleh-oleh khas Deli Serdang mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan hingga souvenir yang bisa kalian jadikan oleh-oleh khas Deli Serdang yang pastinya unik dan menarik.

Stand Deli Serdang Mall berada di dalam Stasiun Kereta Api Bandara (Railink) Bandara Kualanamu International Airport.

Kalian juga bisa mengunjungi website kita di www.deliserdangmall.com untuk melihat produk-produk menarik lainnya.

Atau download langsung aplikasinya di Play Store untuk pemesanan kapan saja dan dimana saja.

Happy Traveling 😉