Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Deli Serdang Resmi Dioperasikan

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan mengatakan bahwa untuk mewujudkan tercapainya produk unggulan bukan hal mudah. Di samping memerlukan dukungan dari berbagai unsur dan kalangan baik dari lembaga kementerian, swasta maupun lembaga lainnya, juga dukungan kertersediaan sarana dan prasarana yang memadai.

Kamis, 12 Desember 2019 Pemerintah Kabupaten Deli Serdang meresmikan operasional Pusat Pengembangan Produk Unggulan Deli Serdang (P3UD) yang berada di Jalan Medan – Lubuk Pakam kilometer 20,2 Tanjung Morawa.

Sebelum diresmikan, sebelumnya nama tempat yang memiliki beberapa hal menarik yang ada di dalamnya ini adalah Pusat Promosi Produk Unggulan Daerah (PPUD) Deli Serdang.

Beberapa hal menarik yang ada di tempat ini, bisa kamu cek dibawah ini

Sudah Pernah Dengar PPUD Deli Serdang?! Ini Dia 5 Hal Menarik di PPUD Deli Serdang

Namun sekarang, nama tempat ini pun diubah menjadi Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Deli Serdang.

Hal ini dikarenakan bahwa tempat ini nantinya tidak hanya akan dijadikan sebagai pusat promosi, pameran atau penjualan produk unggulan daerah Deli Serdang saja, tetapi juga sebagai pusat edukasi, peningkatan dan pengembangan produk unggulan daerah Deli Serdang.

Peresmian Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Deli Serdang ini dihadiri oleh Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan dan Wakil Bupati Deli Serdang H M Ali Yusuf Siregar, Para Pejabat Pemkab Deli Serdang, Pimpinan BUMN dan Perbankan serta para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Deli Serdang.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Deli Serdang Ir. Ramlan Refis, Msi dalam laporannya mengatakan bahwa Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah Deli Serdang (P3UD) ini nantinya akan memberikan pengetahuan, edukasi dan motivasi dalam berbagai bidang guna meningkatkan produk layanan jasa yang berdaya saing, serta berdaya jual tinggi di pasar global menuju era revolusi industri 4.0.

Selain itu, Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah Deli Serdang (P3UD) ini juga akan berfungsi sebagai edukasi sarana pendidikan bagi siswa-siswi di Deli Serdang untuk dapat melihat secara langsung praktek lapangan dari berbagai sektor yang tersedia, antara lain pertanian, perikanan dan kelautan.

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan mengatakan bahwa untuk mewujudkan tercapainya produk unggulan bukan hal mudah. Di samping memerlukan dukungan dari berbagai unsur dan kalangan baik dari lembaga kementerian, swasta maupun lembaga lainnya, juga dukungan kertersediaan sarana dan prasarana yang memadai.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan beberapa kegiatan penting seperti penandatangan MoU antara Pemkab Deli Serdang dengan International Council for Small Business (ICSB) dalam rangka peningkatan produk-produk unggulan Deli serdang, penganugerahan sertifikat wisudawan/i sebagai wirausaha unggul dan mandiri kepada 12 wirausahawan, penyerahan secara simbolis bantuan modal kerja dan program PT Pertamina Regional I Sumut kepada UMKM, penyerahan secara simbolis bantuan CSR PT Bank Sumut Cabang Lubuk Pakam, penyerahan secara simbolis bantuan izin PIRT oleh Dinas Koperasi dan UKM Deli Serdang kepada 15 UMKM Deli Serdang.

Terakhir pada acara ini disuguhkan penampilan fashion show kolaborasi 5 UMKM batik Deli Serdang yaitu Batik Waritri, Liza Mangrove, Batik Judes, Raki Tenun dan Batik Langgam.