Pisalsap, Pisang Sale Asap yang Manis, Lembut dengan Aroma Smokey yang Khas

Karena diawetkan dengan cara penjemuran atau pengasapan, pisang sale ini memiliki rasa yang khas dan memiliki daya simpan yang cukup lama.

Pisalsap
Pisalsap

Sudah pernah dengar cemilan yang bernama pisang sale?!

Pastinya sudah pernah, bukan?

Buat kamu yang belum tahu apa itu pisang sale, saya akan memberikan sedikit penjelasan.

Pisang sale merupakan jenis makanan yang dibuat dari pisang matang lalu kemudian diawetkan dengan cara penjemuran atau pengasapan.

Karena diawetkan dengan cara penjemuran atau pengasapan, pisang sale ini memiliki rasa yang khas dan memiliki daya simpan yang cukup lama.

Dipasaran ada tersedia 2 jenis pisang sale, yaitu pisang sale goreng dengan proses penjemuran dan pisang sale asap dengan proses pengasapan.

Nah, kali ini yang akan saya bahas adalah pisang sale asap.

Pisalsap
Pisalsap

Pisang sale asap ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang lembut dan memilki aroma smokey yang khas.

Fyi, smokey adalah istilah untuk rasa atau aroma berbau asap yang khas dari makanan yang dibakar atau dipanggang.

Rasa, tekstur dan aroma dari pisang sale asap khas ini memang cukup banyak diminati terutama kalangan orang tua.

Secara, para orang tua biasanya suka dengan cemilan yang sehat dari buah-buahan dengan tekstur yang lembut agar mudah saat dikonsumsi.

Seperti pisang sale asap produksi dari salah satu UMKM Deli Serdang dengan nama Pisalsap ini.

Pisalsap ini cukup diminati di Deli Serdang sebagai cemilan yang sehat dengan rasa yang khas.

Penasaran dengan Pisalsap ini?!

Oke, langsung aja kita simak.

Keep scrolling!

Ibu Erwani UKM Berdikari Pisalsap
Ibu Erwani UKM Berdikari Pisalsap

Pisang sale asap dengan nama Pisalsap ini adalah produksi dari Ibu Erwani UKM Berdikari yang berasal dari Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang.

Pisang sale asap produksi ibu Erwani ini dibuat dari pisang awak yang matang lalu diasapkan selama 2 hari 2 malam didalam ruangan tertutup.

Pengasapan ini dilakukan dengan menggunakan kayu bakar dan (sekam padi: kulit padi) yang dibakar lalu asapnya dibiarkan untuk mengasapi pisang yang akan dijadikan pisang sale asap.

Proses ini membuat pisang sale asap dengan nama Pisalsap produksi Ibu Erwani ini memiliki tekstur yang manis dan lembut karena dibuat dari pisang yang matang, dan juga memiliki aroma (smokey: asap) yang khas dari proses pegasapan.

Proses Pengasapan Pisalsap
Proses Pengasapan Pisalsap

Selain itu, Pisalsap produksi Ibu Erwani ini juga sama sekali tidak menggunakan pemanis buatan karena dibuat dari pisang yang matang dan tidak menggunakan bahan pengawet karena sudah diawetkan secara alami dengan proses pengasapan sehingga tahan lama.

Jadi, Pisalsap ini menjadi cemilan yang sehat karena murni hanya diproses dengan pengasapan tanpa bahan pemanis buatan dan tanpa bahan pengawet.

Ditanya soal awal mula Ia membuat produk pisang sale asap ini, Ia mengatakan usaha ini sudah Ia mulai pada tahun 2018 yang lalu.

Ibu Erwani mengatakan bahwa Ia sengaja membuat pisang sale asap ini untuk dijadikan usaha yang dapat membantu perekonomian keluarga.

Ibu Erwani menceritakan bahwa usaha-nya ini awalnya coba-coba.

Bermula dari bahan baku pisang awak yang sering diabaikan karena pisang awak biasanya hanya untuk makanan bayi dan untuk dijadikan keripik pun tidak terlalu bagus, akhirnya Ia pun mulai melakukan inovasi dengan mengolah pisang awak tersebut menjadi pisang sale.

Awal mula Ia mencoba membuat pisang sale, Ibu Erwani pertama kali membuat jenis pisang sale goreng dengan proses penjemuran.

Namun, sewaktu proses penjemuran, Ia melihat pisang yang dijemur tersebut banyak dihinggapi lalat apalagi debu karena dijemur diruangan yang terbuka.

Selain itu, Ia juga kadang merasa terkendala jika waktu musim hujan tiba karena proses penjemuran memanfaatkan cahaya matahari.

Akhirnya, Ibu Erwani pun berinisiatif mengubah proses membuat pisang sale dengan proses pengasapan di ruangan tertutup yang pastinya lebih bersih dan tidak bergantung dengan cahaya matahari.

Pisalsap
Pisalsap

Awal merintis pemasaran produk Pisalsap ini, Ibu Erwani banyak mendapat pendampingan dari Dinas Koperasi dan UKM Deli Serdang.

Saat itu, produk pisang sale asap produksi Ibu Erwani ini belum memliki merek dan belum memiliki legalitas usaha.

Oleh karena itu, produk pisang sale buatan Ibu Erwani pun kemudian diarahkan untuk diberi merek dan didampingi untuk mendapatkan legalitas usaha.

Dinas Koperasi dan UKM Deli Serdang kemudian memberikan bantuan desain merek untuk produk pisang sale asap produksi Ibu Erwani ini dengan nama Pisalsap yang merupakan singkatan dari Pisang Sale Asap.

Setelah memiliki merek, produk pisang sale asap Ibu Erwani ini pun kemudian didampingi untuk mendapatkan izin usaha IUMK dan izin DinKes PIRT.

Terakhir, pada bulan Desember yang lalu produk pisang sale asap produksi Ibu Erwani ini mendapatkan bantuan Sertifikat Halal MUI SUMUT kepada 10 UMKM Deli Serdang dari Dinas Koperasi dan UKM Deli Serdang.

Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai bantuan Sertifikat Halal MUI SUMUT kepada 10 UMKM Deli Serdang ini, kamu bisa cek link dibawah ini!

Dinas Koperasi dan UKM Deli Serdang Fasilitasi Penyerahan Sertifikat Halal MUI kepada 10 UMKM Deli Serdang

Pisang Sale Asap Pisalsap ini tersedia dalam dua jenis kemasan dengan harga yang terjangkau yaitu kemasan 250 gram dengan harga Rp 12 ribu dan kemasan 500 gram dengan harga Rp 18 ribu.

Untuk pemasaran produk, Ibu Erwani mengatakan produk Pisalsap-nya ini masih dilakukan secara offline saja. Ia belum melakukan pemasaran secara online karena Ia tidak terlalu familiar dengan internet.

Namun, Ia tetap berusaha memasarkan produknya secara online dengan cara menitipkan produknya ke marketplace online Deli Serdang Mall yang diprakarsai oleh Dinas Koperasi dan UKM Deli Serdang agar produknya dapat dipasarkan secara online.

Dalam pemasaran offline, biasanya Ia memasarkan produknya ke toko oleh-oleh salah satunya yaitu Pojok UKM Deli Serdang yang merupakan outlet pemasaran offline produk UMKM Deli Serdang yang juga diprakarsai oleh Dinas Koperasi danj UKM Deli Serdang.

Pisalsap Kemasan Ekonomis
Pisalsap Kemasan Ekonomis

Ia juga memasarkan produknya ke toko grosir dengan membuat Pisalsap Kemasan Ekonomis (Pisalsap ditusuk dengan tusuk sate) dengan berat 250 gram lalu dikemas dan Ia juga menerima reseller yang ingin memasarkan produknya.

Berkat kegigihannya ini, produk Pisalsap produksi Ibu Erwani ini pun sekarang sudah semakin berkembang.

Dulu pada saat awal produksi Ia hanya membuat Pisalsap dengan bahan baku pisang awak hanya 50 sisir saja.

Namun sekarang, Ia sudah bisa memproduksi Pisalsap dengan bahan baku pisang awak hingga 200 sisir per sekali produksi.

Bahan Baku Pisang Awak untuk Pisalsap
Bahan Baku Pisang Awak untuk Pisalsap

Untuk bahan baku, Ibu Erwani biasanya mendapatkan bahan baku dari petani pisang di sekitar tempat tinggalnya dan juga dari kebun pisang-nya sendiri.

Ditanya soal harapan kedepannya, Ibu Erwani berharap usaha pisang sale asap Pisalsap-nya ini bisa semakin maju dan bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

Ia juga berharap bisa segera memasarkan produknya secara online agar pemasaran produknya bisa semakin luas.

Gimana? Tertarik untuk mencoba pisang sale asap Pisalsap yang manis, lembut dengan aroma smokey yang khas ini?!

Produk pisang sale asap Pisalsap ini bisa banget kamu jadikan cemilan yang sehat karena dibuat murni dari pisang yang diasapkan tanpa bahan pemanis buatan dan tanpa bahan pengawet.

Buat kamu tertarik untuk mencoba pisang sale asap Pisalsap ini, kamu bisa dapatkan di Pojok UKM Deli Serdang ya…

Pojok UKM merupakan tempat belanja hasil produksi UMKM Deli Serdang mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan hingga souvenir yang bisa kalian jadikan oleh-oleh khas Deli Serdang yang pastinya unik dan menarik.

Pojok UKM Deli Serdang terletak di Jalan Karya Utama No. 4 Lubuk Pakam (Komplek Kantor Bupati Deli Serdang). Lebih tepatnya terletak disamping Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang.

Pojok UKM kini juga sudah hadir di Taman Buah Lubuk Pakam lho…

Pojok UKM Taman Buah Lubuk Pakam berada di area sebelah kiri Pintu Masuk Utama Taman Buah Lubuk Pakam. Tepatnya berada di area sebelah kiri Patung Buah Taman Buah Lubuk Pakam.

Jadi, buat kamu yang ingin berekreasi ke Taman Buah Lubuk Pakam, kamu bisa singgah sebentar ke Pojok UKM untuk membeli cemilan atau oleh-oleh khas Deli Serdang pastinya.

Produk UMKM Deli Serdang ini juga bisa kamu pesan secara online via website Deli Serdang Mall di www.deliserdangmall.com atau via chat WhatsApp di 0811 6147 773

Atau download langsung aplikasinya di Play Store untuk pemesanan kapan saja dan dimana saja.

Beragam produk UMKM Deli Serdang juga bisa kamu temukan di P3UD (Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah) Deli Serdang yang terletak di Jalan Medan – Lubuk Pakam kilometer 20,2 Tanjung Morawa.

Happy Trying 😉