Pertama Di Kota Medan! Pisang Sale Goreng Fadistra yang Renyah, Tanpa Pemanis Buatan dan Bahan Pengawet

“Untuk di Medan dan Deli Serdang pisang sale goreng dengan proses jemur baru satu-satunya kami yang punya, boleh dicari. Rasa enak, tidak pake pengawet, alamiah. ” jelasnya.

Pisang Sale Fadistra
Pisang Sale Fadistra

Pisang sale merupakan jenis makanan yang dibuat dari pisang matang lalu kemudian diawetkan dengan cara penjemuran atau pengasapan.

Karena diawetkan dengan cara penjemuran atau pengasapan, pisang sale ini memiliki rasa yang khas dan memiliki daya simpan yang cukup lama.

Dipasaran ada tersedia 2 jenis pisang sale, yaitu pisang sale goreng dengan proses penjemuran dan pisang sale asap dengan proses pengasapan.

Jika sebelumnya saya sudah membahas tentang pisang sale asap dengan proses pengasapan, kali ini saya akan membahas tentang pisang sale goreng dengan proses penjemuran.

Berbeda dengan pisang sale asap yang memiliki tekstur yang lembut karena diasapkan, pisang sale dengan proses penjemuran ini memiliki tekstur yang renyah karena dijemur hingga kering lalu digoreng.

Pisang sale goreng ini dibuat dari pisang matang yang disisir atau dipress tipis lalu dijemur hingga kering dan terakhir digoreng dengan tepung hingga renyah.

Nah, buat kamu yang penasaran dan ingin menikmati bagaimana rasanya olahan pisang yang bernama pisang sale goreng ini, kamu bisa menikmati olahan pisang sale goreng dari salah satu UMKM Deli Serdang dengan nama Fadistra ini.

Bapak Ridwan Hamdi UKM Pisang Sale Fadistra
Bapak Ridwan Hamdi UKM Pisang Sale Fadistra

Pisang Sale Goreng Fadistra ini merupakan produksi dari Bapak Ridwan Hamdi yang berasal dari Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang.

Usaha membuat Pisang Sale Goreng ini merupakan usaha keluarga-nya dan sudah dirintis sejak tahun 2014.

Dalam usaha ini, semua anggota keluarga-nya ikut ambil peran seperti legalitas usaha atas nama Bapak Ridwan Hamdi, istrinya Ibu Tri Astuti dibagian produksi serta dibantu oleh kedua anaknya mulai dari bagian produksi hingga pemasaran.

Ditanya soal awal mula Ia membuat usaha pisang sale goreng ini, Bapak Ridwan Hamdi mengatakan bahwa Ia sengaja membuat usaha keluarga ini untuk mengisi kekosongan waktu dan untuk menambah pendapatan keluarga.

Bapak Ridwan Hamdi dan Istri Ibu Tri Astuti UKM Pisang Sale Fadistra bersama Wakil Gubernur Sumut
Bapak Ridwan Hamdi dan Istri Ibu Tri Astuti UKM Pisang Sale Fadistra bersama Wakil Gubernur Sumut

Usaha membuat pisang sale goreng ini juga didorong karena untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki istrinya Ibu Tri Astuti yang bisa memproduksi pisang sale dan sudah memiliki sertifikat cara membuat pisang sale tersebut.

Ibu Tri Astuti ini dulunya memang merupakan UKM Pisang Sale Goreng di Cilacap, Jawa tengah dan sertifikat ini Ibu Tri Astuti dapatkan dari Pembinaan PKK di Cilacap, Jawa Tengah.

Sama seperti UKM lainnya, pemilihan nama Fadistra sebagai nama produknya ini berasal dari gabungan nama anaknya yaitu Fajar dan Dimas Saputra.

Menurut keterangan dari Bapak Ridwan Hamdi via chat WhatsApp, produk Pisang Sale Goreng Fadistra ini merupakan produk pisang sale goreng yang pertama hadir dan satu-satunya untuk daerah Medan dan Deli Serdang.

“Untuk di Medan dan Deli Serdang pisang sale goreng dengan proses jemur baru satu-satunya kami yang punya, boleh dicari. Rasa enak, tidak pake pengawet, alamiah. ” jelasnya.

Bahan Baku Pisang Awak untuk Pisang Sale Fadistra
Bahan Baku Pisang Awak untuk Pisang Sale Fadistra

Selain itu, produk Pisang Sale Goreng Fadistra-nya ini juga dibuat dari pisang pilihan yaitu pisang awak yang matang, tanpa pemanis buatan dan tanpa bahan pengawet.

Karena dibuat dari pisang yang matang, pastinya sudah manis dan tidak membutuhkan tambahan pemanis buatan lagi.

Dan juga tidak menggunakan bahan pengawet karena sudah diawetkan secara alami dengan proses penjemuran dalam proses pembuatannya.

Pisang Sale Fadistra
Pisang Sale Fadistra

Pisang Sale Goreng Fadistra ini tersedia dalam beberapa kemasan yaitu kemasan 100 gram dan 500 gram.

Harganya juga terjangkau yaitu hanya Rp 6 ribu untuk kemasan 100 gram dan Rp 35 ribu untuk kemasan 500 gram.

Untuk pemasaran, Bapak Ridwan Hamdi melakukan pemasaran baik secara offline maupun online.

Untuk online, Ia memasarkan produknya ke sosial media seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp.

Sedangkan untuk offline, Ia biasanya memasarkan produknya ke toko oleh-oleh, retail hingga ke perkantoran.

Saat ini, usaha membuat pisang sale goreng-nya ini sudah semakin berkembang.

Dalam sehari, Ia bisa memproduksi pisang sale goreng dengan menghabiskan bahan baku pisang sekitar 40 hingga 50 sisir per sekali produksi.

Penerimaan Izin DinKes PIRT Deli Serdang
Penerimaan Izin DinKes PIRT Deli Serdang

Produk Pisang Sale Goreng Fadistra ini juga sudah mengantongi izin DinKes PIRT No. 214121201101024 sehingga sudah terjamin legalitasnya.

Ditanya soal harapan kedepannya, Bapak Ridwan Hamdi berharap usaha Pisang Sale Goreng-nya ini bisa semakin berkembang dan menjadi sentra produk Pisang Sale di Sumatera Utara.

Selain itu, Ia juga berharap usaha membuat abon-nya ini bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat luas.

Gimana? Tertarik untuk mencoba Pisang Sale Goreng yang renyah dan alami tanpa pemanis buatan dan bahan pengawet ini?!

Pisang Sale Goreng Fadistra yang renyah ini pastinya cocok banget buat kamu jadikan sebagai cemilan asik saat berkumpul bersama keluarga atau sahabat.

Selain itu, cemilan ini juga termasuk cemilan yang sehat karena dibuat dari buah pisang yang pastinya memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

Buat kamu tertarik untuk mencoba pisang sale asap Pisalsap ini, kamu bisa dapatkan di Pojok UKM Deli Serdang ya…

Pojok UKM merupakan tempat belanja hasil produksi UMKM Deli Serdang mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan hingga souvenir yang bisa kalian jadikan oleh-oleh khas Deli Serdang yang pastinya unik dan menarik.

Pojok UKM Deli Serdang terletak di Jalan Karya Utama No. 4 Lubuk Pakam (Komplek Kantor Bupati Deli Serdang). Lebih tepatnya terletak disamping Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang.

Pojok UKM kini juga sudah hadir di Taman Buah Lubuk Pakam lho…

Pojok UKM Taman Buah Lubuk Pakam berada di area sebelah kiri Pintu Masuk Utama Taman Buah Lubuk Pakam. Tepatnya berada di area sebelah kiri Patung Buah Taman Buah Lubuk Pakam.

Jadi, buat kamu yang ingin berekreasi ke Taman Buah Lubuk Pakam, kamu bisa singgah sebentar ke Pojok UKM untuk membeli cemilan atau oleh-oleh khas Deli Serdang pastinya.

Produk UMKM Deli Serdang ini juga bisa kamu pesan secara online via website Deli Serdang Mall di www.deliserdangmall.com atau via chat WhatsApp di 0811 6147 773

Atau download langsung aplikasinya di Play Store untuk pemesanan kapan saja dan dimana saja.

Beragam produk UMKM Deli Serdang juga bisa kamu temukan di P3UD (Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah) Deli Serdang yang terletak di Jalan Medan – Lubuk Pakam kilometer 20,2 Tanjung Morawa.

Happy Trying 😉