Ini Dia Tips Agar Kamu Bisa Menabung Saat Bulan Puasa

Pengeluaran selama bulan ramadhan bisa jadi lebih besar dari bulan biasanya. Karena di bulan ramadhan harga barang mengalami kenaikan, ada biaya buka bersama dan ada biaya mudik untuk lebaran.

Menabung
Menabung

Akhirnya bulan ramadhan telah tiba. Bulan ramadhan adalah bulan yang spesial bagi umat muslim. Dimana selama bulan ramadhan ini kita pastinya ada yang merubah jam kerja, mengatur pola makan, pola tidur dan pola keuangan.

Pola keuangan?! Yap… selama bulan ramadhan ini pola keuangan juga harus diubah.

Banyak yang mengira bahwa seharusnya pengeluaran selama bulan ramadhan akan menurun. Karena pengeluaran untuk makan akan menurun. Dari yang biasanya makan 3 kali sehari berubah menjadi hanya 2 kali dalam sehari.

Namun, sebenarnya hal itu tidaklah benar. Kenapa?!

Pengeluaran selama bulan ramadhan bisa jadi lebih besar dari bulan biasanya. Karena di bulan ramadhan harga barang mengalami kenaikan, ada biaya buka bersama dan ada biaya mudik untuk lebaran.

Belum lagi menjelang lebaran pastinya kita mempunyai keinginan untuk membeli baju lebaran dan menyiapkan uang THR untuk dibagikan kepada sanak saudara.

Nah, melihat begitu banyaknya pengeluaran tersebut pasti kamu memiliki niat untuk menabung, kan?

Tapi, gimana ya caranya agar kamu bisa menabung saat bulan puasa?

Jangan khawatir! Kali ini saya akan memberikan beberapa tips agar kamu bisa menabung saat bulan puasa. Penasaran?!

Oke… Let’s check this out 😉

1. Menentukan Acara Buka Bersama

Ada beberapa pengeluaran selama bulan ramadhan yang perlu kamu atur kembali. Salah satunya adalah anggaran untuk buka bersama.

Biasanya di bulan ramadhan, kamu pastinya akan mempunyai banyak jadwal buka bersama. Ada yang buka bersama keluarga, sahabat atau teman-teman SD, SMP, SMA dan kuliah.

Nah, kamu harus bisa menentukan acara buka bersama mana yang harus kamu hadiri dan acara buka puasa mana yang mungkin bisa tidak kamu hadiri.

Selain itu, kamu juga harus melihat tempat diadakannya acara buka bersama tersebut. Jangan terlalu sering menghadiri acara buka bersama yang diadakan di restoran yang mahal.

Ingat, bahwa inti dari acara buka bersama hanyalah reuni dan saling bertukar cerita. Sehingga makan di restoran mewah rasanya tidak perlu dijadikan prioritas.

2. Mengontrol Uang Belanja

Biasanya keinginan untuk berbelanja akan meledak saat bulan ramadhan. Akan ada banyak promo dan diskon besar-besaran di mall  atau online shop yang tentunya akan membuat kamu tergoda.

Jika kamu mengikuti semua keinginan tersebut maka kantong kamu akan jebol. Sehingga kamu tidak akan bisa menyisihkan uang untuk ditabung membeli pakaian lebaran.

Kamu harus bisa mengontrol diri untuk tidak tergoda dengan promo dan diskon tersebut. Lihatlah terlebih dahulu apakah barang diskon dan promo tersebut sedang kamu butuhkan atau tidak.

Jangan langsung tergoda dan membeli barang tersebut, sementara kamu tidak membutuhkannya atau bahkan sudah memilikinya.

Selain itu, kamu juga harus menentukan antara barang yang akan kamu beli dengan penghasilan yang kamu dapatkan. Jangan sampai mengalami besar pasak daripada tiang, ya!

3. Alokasi THR untuk Biaya Prioritas

Biasanya saat mendapatkan THR umumnya orang akan langsung fokus menghamburkannya untuk belanja pakaian atau barang elektronik. Apalagi jika banyak diskon dan promo yang ditawarkan membuat kamu pastinya tergoda.

Tapi, jangan lupa bahwa di bulan ramadhan ini ada kewajiban lain yang harus kita keluarkan dalam agama Islam yaitu zakat fitrah. Zakat fitrah wajib dikeluarkan bagi kita yang memiliki kemampuan untuk menunaikannya.

Selain itu, alokasi biaya mudik ke kampung halaman juga perlu untuk diperhitungkan. Tingginya harga tiket disaat mudik memang akan menguras banyak pengeluaran.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu mulai membeli tiket pulang jauh sebelum mendekati hari lebaran. Jangan malas untuk melakukan perbandingan harga tiket pesawat mana yang lebih murah dan lakukan pemesanan dini.

Lalu, jika semua biaya prioritas tersebut sudah terpenuhi maka kamu bisa menggunakan sisa uang THR tersebut untuk keperluan pribadi kamu. Atau juga bisa kamu gunakan untuk membayar sisa utang yang masih tertunggak.

Nah, itulah beberapa tips agar kamu bisa menabung di bulan puasa. Salah satu dari tips tersebut mungkin bisa kamu terapkan agar bisa memanfaatkan momen bulan ramadhan ini untuk menabung.

Oiya… jika kamu sedang mencari cemilan untuk berbuka puasa selama di bulan ramadhan kamu bisa kunjungi Pojok UKM Deli Serdang ya…

Pojok UKM merupakan tempat belanja hasil produksi UMKM Deli Serdang mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan hingga souvenir yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Deli Serdang yang pastinya unik dan menarik.

Pojok UKM Deli Serdang terletak di Jalan Karya Utama No. 4 Lubuk Pakam (Komplek Kantor Bupati Deli Serdang). Lebih tepatnya terletak disamping Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang.

Pojok UKM kini juga sudah hadir di Taman Buah Lubuk Pakam lho…

Pojok UKM Taman Buah Lubuk Pakam berada di area sebelah kiri Pintu Masuk Utama Taman Buah Lubuk Pakam. Tepatnya berada di area sebelah kiri Patung Buah Taman Buah Lubuk Pakam.

Jadi, buat kamu yang ingin berekreasi ke Taman Buah Lubuk Pakam, kamu bisa singgah sebentar ke Pojok UKM untuk membeli cemilan atau oleh-oleh khas Deli Serdang pastinya.

Produk UMKM Deli Serdang ini juga bisa kamu pesan secara online via website Deli Serdang Mall di www.deliserdangmall.com atau via chat WhatsApp di 0811 6147 773

Atau download langsung aplikasinya di Play Store untuk pemesanan kapan saja dan dimana saja.

Beragam produk UMKM Deli Serdang juga bisa kamu temukan di P3UD (Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah) Deli Serdang yang terletak di Jalan Medan – Lubuk Pakam kilometer 20,2 Tanjung Morawa.

Oke… Selamat Berpuasa 😉