Ini Dia 5 Suku yang Tinggal di Deli Serdang dan Budayanya

Walaupun suku asli kabupaten ini adalah suku Melayu, namun daerah ini juga dikenal dengan daerah yang memiliki keanekaragaman budaya yang disemarakkan oleh hampir semua suku-suku yang ada di Nusantara.

Kabupaten Deli Serdang adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara dan ibukota kabupaten ini berada di Lubuk Pakam.

Suku asli yang dimiliki kabupaten Deli Serdang ini adalah suku Melayu.

Walaupun suku asli kabupaten ini adalah suku Melayu, namun daerah ini juga dikenal dengan daerah yang memiliki keanekaragaman budaya yang disemarakkan oleh hampir semua suku-suku yang ada di Nusantara.

Nah, kali ini saya akan membahas tentang 5 suku yang tinggal di Deli Serdang dan sekilas tentang budaya dari masing-masing suku yang tinggal di Deli Serdang ini.

Penasaran suku-suku apa saja yang tinggal di daerah Deli Serdang ini?

Oke… langsung saja kita simak.

Let‚Äôs check it out ūüėČ

1. Suku Melayu

Suku Melayu
Suku Melayu

Suku asli masyarakat Kabupaten Deli Serdang ini adalah suku Melayu.

Sesuai dengan namanya, penamaan Deli Serdang pada nama kabupaten ini berasal dari dua kerajaan (kesultanan) melayu yang dulunya ada di daerah ini yaitu Melayu Deli dan Melayu Serdang.

Menurut sejarah, dahulu sebelum Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 Kabupaten Deli Serdang ini memiliki dua pemerintahan yang berbentuk kerajaan (kesultanan) yaitu Kesultanan Deli yang berpusat di Kota Medan dan Kesultanan Serdang yang berpusat di Perbaungan.

Budaya suku Melayu secara umum dikenal sebagai orang yang memiliki sopan santun serta ramah terhadap semua orang. Sikap tersebut telah menjadi adat istiadat dari suku melayu sejak lama.

2. Suku Karo

Suku Karo
Suku Karo

Selain suku melayu, suku karo juga menjadi salah satu suku yang tinggal di Kabupaten Deli Serdang ini.

Suku karo merupakan suku asli pertama Kota Medan karena kota Medan didirikan oleh putra Karo yang bernama Guru Patimpus Sembiring Pelawi.

Nama suku ini dijadikan salah satu nama kabupaten di salah satu wilayah yang mereka diami (dataran tinggi karo) yaitu Tanah Karo yang terletak di Kabupaten Karo.

Suku ini memiliki bahasa sendiri yaitu Bahasa Karo atau Cakap Karo.

Salah satu budaya adat karo yaitu pakaian adat Karo didominasi dengan warna merah serta hitam dan penuh dengan perhiasan emas.

3. Suku Simalungun

Rumah Adat Batak Simalungun
Rumah Adat Batak Simalungun

Suku selanjutnya yang juga tinggal di Kabupaten Deli Serdang adalah Suku Simalungun.

Suku Simalungun adalah salah satu sub suku Bangsa Batak yang berada di Provinsi Sumatera Utara yang menetap di Kabupaten Simalungun dan sekitarnya.

Sepanjang sejarah, suku ini terbagi dalam beberapa kerajaan. Marg asli penduduk Simalungun adalah Damanik dan 3 marga pendatang yaitu Saragih, Sinaga dan Purba.

Orang Batak ini menyebut suku ini sebagai suku ‚ÄúSi Balungu‚ÄĚ dari legenda hantu yang menimbulkan penyakit di daerah tersebut.

Sedangkan orang Karo menyebut suku ini dengan nama Timur karena bertempat di sebelah timur daerah mereka.

4. Suku Jawa

Wayang
Wayang

Suku Jawa adalah suku yang berasal dari Jawa dan dianut oleh masyarakat Jawa khususnya di Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY.

Budaya Jawa secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 yaitu budaya Banyumasan, budaya Jawa Tengah-DIY dan budaya Jawa Timur.

Budaya Jawa mengutamakan keseimbangan, keselarasan dan keserasian dalam kehidupan sehari hari. Budaya Jawa menjunjung tinggi kesopanan dan kesederhanaan.

Beberapa budaya Jawa yang diminati di luar negeri adalah Wayang, Keris, Batik dan Gamelan.

5. Suku Minang

Suku Minang
Suku Minang

Minangkabau atau disingkat Minang merujuk pada entitas kultural dan geografis yang ditandai dengan penggunaan bahasa dan adat yang menganut sistem kekerabatan matrilineal, dan identitas agama Islam.

Secara geografis, Minangkabau meliputi daratan Sumatera Barat, separuh daratan Riau, bagian utara Bengkulu, bagian barat Jambi, pantai barat Sumatera Utara, barat daya Aceh dan Negeri Sembilan di Malaysia.

Dalam percakapan awam, orang Minang seringkali disamakan sebagai orang Padang, merujuk pada nama ibu kota provinsi Sumatera Barat, yaitu Kota Padang.

Namun, mereka biasanya akan menyebut kelompoknya dengan sebutan urang awak, bermaksud sama dengan orang Minang itu sendiri.

Nah, itu dia 5 suku yang tinggal di Kabupaten Deli Serdang dan sekilas tentang budaya dari masing-masing suku yang tinggal di Kabupaten Deli Serdang ini.

Keberagaman suku yang tinggal di daerah Kabupaten Deli Serdang ini menjadikan daerah ini memiliki budaya yang tentunya juga beraneka ragam namun tetap satu untuk maju bersama untuk membangun Kabupaten Deli Serdang.

Sesuai dengan motto Kabupaten Deli Serdang ini yaitu Bhinneka Perkasa Jaya yang bermakna dengan masyarakatnya yang beraneka ragam suku, agama, ras dan golongan bersatu dalam kebhinnekaan secara kekeluargaan dan gotong royong membangun semangat kebersamaan, menggali dan mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusianya sehingga menjadi kekuatan dan keperkasaan untuk mengantarkan masyarakat kepada kesejahteraan dan kejayaan sepanjang masa.

Gimana, menarik bukan?!

Oiya, jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Kabupaten Deli Serdang dan ingin mencari oleh-oleh khas jangan lupa untuk singgah ke Pojok UKM Deli Serdang ya…

Pojok UKM Deli Serdang terletak di Jalan Karya Utama No. 4 Lubuk Pakam (Komplek Kantor Bupati Deli Serdang). Lebih tepatnya terletak disamping Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang.

Pojok UKM merupakan tempat belanja hasil produksi UMKM Deli Serdang mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan hingga souvenir yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Deli Serdang yang pastinya unik dan menarik.

Pojok UKM kini juga sudah hadir di Taman Buah Lubuk Pakam lho…

Pojok UKM Taman Buah Lubuk Pakam berada di area sebelah kiri Pintu Masuk Utama Taman Buah Lubuk Pakam. Tepatnya berada di area sebelah kiri Patung Buah Taman Buah Lubuk Pakam.

Jadi, buat kamu yang ingin berekreasi ke Taman Buah Lubuk Pakam, kamu bisa singgah sebentar ke Pojok UKM untuk membeli cemilan atau oleh-oleh khas Deli Serdang pastinya.

Produk UMKM Deli Serdang ini juga bisa kamu pesan secara online via website Deli Serdang Mall di www.deliserdangmall.com atau via chat WhatsApp di 0811 6147 773

Atau download langsung aplikasinya di Play Store untuk pemesanan kapan saja dan dimana saja.

Beragam produk UMKM Deli Serdang juga bisa kamu temukan di P3UD (Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah) Deli Serdang yang terletak di Jalan Medan ‚Äď Lubuk Pakam kilometer 20,2 Tanjung Morawa.

Happy Traveling ūüėČ