Ini Dia 10 Tips Yang Bakal Membuat Puasa Kamu Menjadi Bermakna

Kamu hanya perlu mengubah beberapa kebiasaan sederhana agar ibadahmu bisa mencapai titik maksimalnya selama bulan ramadhan ini.

Marhaban Ya Ramadhan
Marhaban Ya Ramadhan

1. Jauhkan Smartphone Dari Kegiatan Ibadahmu

Tips pertama yang bisa dilakukan agar puasa kamu lebih bermakna adalah jangan membawa smartphone pada saat beribadah.

Kamu harus menahan dulu kegatalan tanganmu untuk membuka smartphone yang kadang hanya sekedar untuk membuka beranda sosial media mu.

Kebiasaan sering membawa smartphone kemana saja ini memang akan sangat mengganggu kegiatan ibadah kita.

Jika kita membawa smartphone pada saat sholat tarawih misalnya, pastinya kita akan mudah tergoda untuk membuka smartphone tersebut.

Pada saat kita membuka smartphone, pikiran kita sudah pasti tidak fokus lagi untuk mengikuti ibadah sholat tarawih dengan hikmat. Hal inilah yang dapat mengurangi kualitas ibadah kita sehingga momen bulan puasa ini menjadi sia-sia saja.

2. Manfaatkan Waktu Untuk Berdoa Selesai Sholat

Kita pastinya pernah melihat orang yang ketika selesai sholat langsung membuka smartphonenya. Orang tersebut bahkan sampai lupa untuk berdoa setelah sholat karena sudah terlalu fokus dengan smartphonenya.

Nah, hal inilah yang akan terjadi jika kamu tidak menjauhkan smartphone dari kegiatan ibadahmu. Tangan kamu pasti akan gatal untuk segera membuka isi notifikasi smartphone kamu yang pastinya akan mengganggu kualitas ibadahmu.

Gara-gara smartphone, kamu jadi sampai lupa untuk berdoa kepada pencipta mu sendiri. Kamu pastinya tidak mau kan?!

Padahal berdoa adalah momen bagi kamu untuk memohon dan meminta pertolongan kepada penciptamu.

3. Sholat di Awal Waktu

Jika biasanya kamu sering menunda-nunda waktu sholat, maka selama bulan ramadhan cobalah untuk mengubah kebiasaan ini.

Pada saat kamu telah mendengar suara azan, segeralah untuk mengambil jeda dari aktivitas yang sedang kamu lakukan.

Ingat, jika sholat diawal waktu berarti kamu telah menemui Tuhanmu dengan tepat waktu. Jadi, mungkin saja permintaan mu akan dikabulkan dengan segera. Masuk akal kan?!

Oleh sebab itu, mulailah untuk melakukan sholat di awal waktu agar kegiatan ibadah bulan puasa menjadi lebih bermakna. Berlomba-lombalah dalam berbuat kebaikan!

4. Mengaji di Sela Kegiatan

Mengaji di sela kegiatan adalah salah satu ibadah yang bisa kamu lakukan untuk memanen pahala. Karena di bulan ramadhan ini setiap ibadah akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Selama bulan ramadhan tentunya kita memiliki waktu makan siang yang kosong. Waktu makan siang ini, bisa kamu manfaatkan untuk membaca Al-Quran.

Karena selama waktu bulan puasa kamu tidak mungkin keluar untuk makan siang, kenapa tidak memanfaatkan waktu istirahat tersebut untuk mengaji?!

Kamu bisa mengunduh aplikasi Al-Quran di smartphone mu. Lalu buat target minimal berapa ayat yang harus kamu baca dalam sehari, biar lebih semangat.

5. Perbanyak Berbagi

Jika kamu memiliki sedikit rezeki di bulan ramadhan ini, tidak ada salahnya untuk kamu sisihkan dan berbagi kepada yang lebih membutuhkan.

Kamu bisa membuat menu makanan berbuka puasa dirumah, lalu membagikannya kepada orang-orang yang sedang berpuasa di sekitar rumah kamu.

Atau jika kamu tidak mempunyai uang lebih, kamu juga masih bisa berbagi dengan membagikan pakaian atau barang yang tidak terpakai di rumah kepada orang yang membutuhkan di sekitar rumah kamu.

Bagi kamu yang mempunyai uang lebih, kamu bisa menyiapkan budget tersendiri untuk memberikan sedekah atau infaq ke musholla atau badan amil zakat.

6. Menjaga Pakaian Agar Tidak Terlalu Terbuka

Menjaga pakaian agar tidak terlalu terbuka juga penting untuk dilakukan. Karena selain menjaga perilaku diri sendiri, kamu juga mempunyai kewajiban untuk menghargai orang lain yang sedang berpuasa.

Hal ini dilakukan agar paling tidak dengan menjaga pakaian kamu sudah membantu orang lain menjaga pandangan mata.

Karena pandangan mata ini juga dapat menggoyahkan keimanan seseorang yang sedang berpuasa.

Nah, dengan mengenakan baju yang sopan sepanjang bulan ramadhan akan menunjukkan bahwa kamu cukup dewasa untuk tidak egois mengikuti keinginan diri sendiri dan memikirkan ibadah orang lain.

7. Hindari Menggosip dan Menonton Infotaiment

Menggosip merupakan salah satu hal yang tidak baik. Membicarakan kejelekan orang lain atau membicarakan sesuatu yang belum pasti dapat mengurangi amalan berpuasa.

Nah, selama bulan puasa kebiasaan untuk membicarakan orang lain ini wajib kamu kurangi. Karena sebenarnya pada saat kamu membicarakan keburukan orang lain, belum tentu kamu lebih baik dari dia yang kamu bicarakan.

Coba posisinya jika kamu yang dibicarakan. Pastinya kamu gak mau dan tersinggung bukan?! Karena kamu pikir mereka tidak punya hak apapun untuk menilai diri kamu.

Begitu juga hal nya dengan menonton infotaiment. Terkadang berita yang ada di infotaiment belum tentu semuanya jelas bahkan hanya sekedar isu-isu saja.

Melihat, mendengar dan menonton berita seperti ini tentunya akan membuat kamu berpikir yang tidak baik yang dapat mengurangi amalan berpuasa kamu.

8. Jangan Terlalu Banyak Tidur

Tidur pada saat sedang berpuasa merupakan salah satu cara agar kita  dapat melewati waktu berpuasa tanpa terasa bosan dan penat. Biasanya kita selalu tidur hingga berjam-jam hingga mendekati waktu berbuka puasa tiba.

Nah, hal ini merupakan suatu kebiasaan yang tidak baik. Karena waktu yang kamu sia-siakan selama tidur berjam-jam tersebut bisa kamu gunakan untuk melakukan sholat sunah atau membaca Al-Quran.

Memang sih, puasa jadi tidak terasa jika dihabiskan dengan tidur.

Tapi, jika kamu dapat memanfaatkan waktu ini untuk melakukan ibadah yang lain pastinya akan lebih bermakna daripada hanya tidur saja.

9. Sering Mendengarkan Ayat-ayat Al-Qur’an

Banyak cara untuk menambah pahala selama bulan ramadhan, salah satunya adalah dengan mendengarkan ayat-ayat Al-Qur’an.

Selama bulan puasa tidak ada salahnya kamu memodifikasi playlist yang menemanimu berkegiatan dengan nuansa ayat-ayat Al-Qur’an atau lagu dengan nuansa ramadhan.

Dengan mendengarkan bacaan ayat-ayat Al-Qur’an ini tentunya akan menambah pahala.

Karena selain kita telah menggunakan telinga untuk hal-hal yang baik, ini juga bisa membantu kamu untuk menambah hapalan surat.

10. Atur Waktu Berbuka Puasa Agar Tidak Mengorbankan Waktu Ibadah

Buka puasa bersama keluarga, sahabat atau teman-teman merupakan budaya yang tidak dapat ditinggalkan menjelang bulan ramadhan berakhir.

Semakin banyak kamu memiliki koneksi makan akan semakin banyak undangan untuk menghadiri acara buka puasa bersama.

Jadwal buka puasa yang padat ini tentunya akan mengganggu ibadah kita. Setidaknya kamu akan melewatkan shalat tarawih berjamaah di masjid dan bahkan jadwal membaca Al-Quran pun menghilang.

Belum lagi jika acara buka puasa bersama dilakukan pada saat hari kerja. Pastinya kamu akan merasakan capek yang berlebih. Tiba di rumah sudah capek dan ngantuk lalu ibadah pun terlewatkan.

Nah, itulah 10 tips bulan puasa yang bakal membuat puasa kamu menjadi bermakna. Salah satu dari tips tersebut mungkin bisa kamu terapkan dalam menjalankan ibadah puasa selama dibulan ramadhan ini,

Gimana? Gampang kan tipsnya?

Membuat ibadah puasa kamu menjadi bermakna tidak sesulit yang dibayangkan kok. Selama kamu punya niat yang kuat, kamu pasti bisa melaksanakannya.

Oiya… jika kamu sedang mencari cemilan untuk berbuka puasa selama di bulan ramadhan kamu bisa kunjungi Pojok UKM Deli Serdang ya…

Pojok UKM merupakan tempat belanja hasil produksi UMKM Deli Serdang mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan hingga souvenir yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Deli Serdang yang pastinya unik dan menarik.

Pojok UKM Deli Serdang terletak di Jalan Karya Utama No. 4 Lubuk Pakam (Komplek Kantor Bupati Deli Serdang). Lebih tepatnya terletak disamping Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang.

Pojok UKM kini juga sudah hadir di Taman Buah Lubuk Pakam lho…

Pojok UKM Taman Buah Lubuk Pakam berada di area sebelah kiri Pintu Masuk Utama Taman Buah Lubuk Pakam. Tepatnya berada di area sebelah kiri Patung Buah Taman Buah Lubuk Pakam.

Jadi, buat kamu yang ingin berekreasi ke Taman Buah Lubuk Pakam, kamu bisa singgah sebentar ke Pojok UKM untuk membeli cemilan atau oleh-oleh khas Deli Serdang pastinya.

Produk UMKM Deli Serdang ini juga bisa kamu pesan secara online via website Deli Serdang Mall di www.deliserdangmall.com atau via chat WhatsApp di 0811 6147 773

Atau download langsung aplikasinya di Play Store untuk pemesanan kapan saja dan dimana saja.

Beragam produk UMKM Deli Serdang juga bisa kamu temukan di P3UD (Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah) Deli Serdang yang terletak di Jalan Medan – Lubuk Pakam kilometer 20,2 Tanjung Morawa.

Oke… Selamat Berpuasa 😉