Dodol Singkong Pak Jumali, Inovasi Dodol Sehat dari Singkong

Selain baik untuk lambung, kandungan karbohidrat yang tinggi pada singkong ini bisa mengenyangkan dan menjadi sumber energi yang baik untuk menjalani aktivitas.

Dodol Singkong Pak Jumali
Dodol Singkong Pak Jumali

Sudah pernah coba makanan legit dengan rasa manis yang bernama dodol?

Pastinya kamu sudah pernah coba dong.

Makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar yaitu santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah dan garam yang dimasak selama berjam-jam ini memang sangat populer di Indonesia.

Saat ini banyak sekali inovasi dari panganan manis ini.

Seperti dodol yang di campur dengan durian, nangka bahkan jahe.

Inovasi tambahan bahan yang di kombinasikan dengan bahan dasar dodol ini memang memberikan rasa yang unik dan berbeda.

Begitu juga halnya dengan usaha yang dimiliki oleh Ibu Safti Ermayani yang berasal dari Desa Tanah Merah, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang ini.

Beliau juga memiliki ide untuk menambahkan bahan dasar lain yaitu singkong untuk memberikan rasa yang khas dan berbeda.

Dodol Singkong Pak Jumali
Dodol Singkong Pak Jumali

Ibu Safti Ermayani ini merupakan salah satu UMKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang yang aktif memasarkan produknya di berbagai outlet pemasaran produk UKM baik online maupun offline yang diprakarsai oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang.

Ditanya soal alasan kenapa Ia membuat dodol dengan bahan baku singkong, Ia mengatakan karena didaerah sekitarnya banyak dijumpai bahan baku singkong.

“Banyak yang menanam singkong disini, termasuk ayah saya juga petani singkong. Jadi, saya hanya menggali potensi yang ada disekitar tempat tinggal saya saja. ” ujarnya.

Ia mengakui bahwa ilmu membuat dodol singkong ini Ia dapatkan dari ayahnya langsung.

“Ayah saya kan dulunya seorang petani singkong. Tahun 2002, Ia dulu pernah coba-coba membuat dodol singkong. Saat mencoba, ayah saya banyak mengalami kegagalan. Setelah berkali-kali mencoba akhirnya bisa. ” jelasnya.

Setelah berhasil, keluarga Ibu Safti Ermayani mulai sering memproduksi dodol singkong tersebut tetapi hanya untuk momen tertentu saja seperti lebaran atau acara.

Seiring berjalan waktu, ternyata dodol singkong buatan ayahnya ini mulai dikenal dan diminati warga sekitar rumahnya.

Banyak tetangga dan saudaranya mulai memesan dodol singkong tersebut untuk acara atau hajatan.

Pemilihan bahan baku singkong ini ternyata juga menambah nilai tambah dari dodol yang Ia buat.

Ia mengatakan bahwa dodol singkong buatannya ini baik untuk lambung.

Hal ini diketahui pada saat ayahnya menawarkan dodol kepada salah satu tamu yang biasanya tidak mau mencoba dodol karena takut lambungnya sakit.

Tetapi saat mencoba dodol dari singkong buatan ayahnya ini, ternyata tamu tersebut baik-baik saja dan lambungnya tidak sakit.

Hal ini juga dibuktikan dengan izin IUMK dan Dinkes PIRT yang sudah dikantongi oleh produk ini.

Dodol Singkong Pak Jumali
Dodol Singkong Pak Jumali

Dari sinilah Ibu Safti Ermayani dan keluarganya mulai memproduksi dodol dari singkong agar semua orang bisa makan dodol.

Pada awal-awal memasarkan produk dodol singkong buatan keluarganya ini, nama dodol singkong yang diberikan adalah Dodol Singkong Tanah Merah.

Nama ini sengaja diberikan karena ingin mempromosikan daerah tempat tinggal mereka yang belum banyak orang tahu.

Di tahun 2016, berkat penyuluhan dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang, Ibu Safti Ermayani bersama ibunya memutuskan untuk membuat dodol singkong-nya dalam kemasan bermerk.

Akhirnya, nama Dodol Singkong Tanah Merah pun diganti dengan menggunakan nama ayahnya yaitu menjadi Dodol Singkong Pak Jumali yang telah mengantongi izin P-IRT.

“Karena kami ingin orang mengetahui yang buat dodol singkong ini itu adalah Pak Jumali yaitu ayah kami sendiri meskipun sekarang tidak lagi dan saya yang meneruskannya. ” jelasnya.

Selan itu, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang juga memberikan edukasi dan ilmu kepada Ibu Safti tentang bagaimana agar produknya yang awalnya hanya tahan beberapa hari, sekarang menjadi lebih tahan lama.

Saat ini produksi dodol singkong-nya sudah semakin berkembang.

Dalam seminggu Ia bisa memproduksi 30 – 50 kg ubi dalam sepekan tergantung banyaknya permintaan pelanggan.

Dodol Singkong Pak Jumali ini tersedia dalam beberapa pilihan rasa yaitu ada Dodol Singkong Original, Dodol Singkong Durian dan Dodol Singkong Wijen.

Untuk kemasan juga ada banyak pilihan.

Ada yang dodol 200 gram, 250 gram, kemasan kotak isi 19 bungkus kecil hingga dodol blok berat 1 kg dengan harga mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 45 ribu.

Kedepannya, Ia juga akan mengeluarkan dodol singkong dengan rasa baru yaitu dodol singkong cokelat.

Selain itu, Ia juga mulai mengembangkan produk turunan dari bahan baku singkong yang digunakan yaitu rengginang ketela (regitela).

Ditanya soal pemasaran, Ia melakukan promosi baik secara offline maupun online.

Untuk pemasaran offline, Ia memasarkan ke teman, tetangga, toko oleh-oleh, reseller dan membuka kios kecil di depan rumahnya.

Sedangkan untuk pemasaran online, Ia memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram dan beberapa marketplace online salah satunya yaitu deliserdangmall.com

Harapan kedepannya, Ibu yang biasa di panggil Ema ini berharap semoga dodol singkong produksi-nya ini bisa semakin diminati masyarakat hingga ke seluruh Indonesia bahkan luar negeri.

Selain itu, Ia juga berharap semoga dengan usaha dodol singkong-nya ini bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Gimana? Tertarik untuk mencoba dodol yang terbuat dari singkong yaitu Dodol Singkong Pak Jumali ini?!

Buat kamu yang ingin tidak bisa makan dodol dari tepung ketan karena takut lambung sakit, kamu bisa coba Dodol Singkong Pak Jumali ini.

Selain baik untuk lambung, kandungan karbohidrat yang tinggi pada singkong ini bisa mengenyangkan dan menjadi sumber energi yang baik untuk menjalani aktivitas.

Buat kamu yang tertarik untuk mencoba Dodol Singkong Pak Jumali ini, kamu bisa dapatkan di Pojok UKM Deli Serdang ya…

Pojok UKM merupakan tempat belanja hasil produksi UMKM Deli Serdang mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan hingga souvenir yang bisa kalian jadikan oleh-oleh khas Deli Serdang yang pastinya unik dan menarik.

Pojok UKM Deli Serdang terletak di Jalan Karya Utama No. 4 Lubuk Pakam (Komplek Kantor Bupati Deli Serdang). Lebih tepatnya terletak disamping Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang.

Pojok UKM kini juga sudah hadir di Taman Buah Lubuk Pakam lho…

Pojok UKM Taman Buah Lubuk Pakam berada di area sebelah kiri Pintu Masuk Utama Taman Buah Lubuk Pakam. Tepatnya berada di area sebelah kiri Patung Buah Taman Buah Lubuk Pakam.

Jadi, buat kamu yang ingin berekreasi ke Taman Buah Lubuk Pakam, kamu bisa singgah sebentar ke Pojok UKM untuk membeli cemilan atau oleh-oleh khas Deli Serdang pastinya.

Produk UMKM Deli Serdang ini juga bisa kamu pesan secara online via website Deli Serdang Mall di www.deliserdangmall.com atau via chat WhatsApp di 0811 6147 773

Atau download langsung aplikasinya di Play Store untuk pemesanan kapan saja dan dimana saja.

Beragam produk UMKM Deli Serdang juga bisa kamu temukan di P3UD (Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah) Deli Serdang yang terletak di Jalan Medan – Lubuk Pakam kilometer 20,2 Tanjung Morawa.

Happy Trying 😉