Ini Dia 10 Tempat Wisata di Deli Serdang Yang Memukau Dan Wajib Dikunjungi

Sama halnya dengan kota Medan, Deli Serdang juga memiliki beberapa tempat wisata yang tak kalah menarik dari kota Medan.

Referensi tempat wisata menjadi salah satu informasi yang selalu ingin kita ketahui.

Informasi tentang tempat wisata ini bisa saja menjadi salah satu pilihan bagi kita sebagai salah satu tujuan untuk berlibur di waktu akhir pekan atau menghabiskan waktu libur panjang. Apalagi tempat wisata yang sedang hits dan booming di media sosial. Pastinya penasaran kan?!

Sebelumnya saya telah membahas beberapa tempat wisata yang ada di kota Medan. Nah, Kali ini saya akan membahas tempat wisata yang ada di Deli Serdang. Sama halnya dengan kota Medan, Deli Serdang juga memiliki beberapa tempat wisata yang tak kalah menarik dari kota Medan.

Deli Serdang yang menjadi kota kedua setelah kota Medan ini pastinya juga memiliki beberapa tempat wisata yang indah dan menarik yang yang sebagian besar bernuansa alam. Kebanyakan dari tempat wisata di Deli Serdang ini memang belum terlalu terkenal seperti tempat-tempat wisata di kota Medan.

Namun, hal ini membuat beberapa tempat wisata di Deli Serdang ini masih asri dan belum tercemar oleh banyaknya sampah yang biasa kita temui di tempat wisata padat pengunjung.

Langsung saja berikut saya akan memberikan beberapa list tempat wisata yang harus kamu kunjungi di kabupaten Deli Serdang.

Oke… Let’s check it out 😉

1. Pulau Siba (Siba Island)

Pulau Siba atau yang biasa disebut dengan Siba Island ini merupakan tempat wisata baru yang sedang hits dan booming di media sosial.

Pulau Siba
Pulau Siba

Pulau ini terletak di Desa Sei Baharu, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Dulunya pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni dan hanya di tumbuhi oleh tumbuhan laut yaitu bakau.

Namun, setelah di benah oleh seorang dosen Universitas Sumatera Utara (USU) yang bernama Syafrudin Siba maka penampilan pulau yang dihiasi pemandangan vegetasi hutan mangrove (bakau) di sepanjang perairan ini berubah menjadi sebuah pulau yang indah.

Untuk sampai ke lokasi pulau ini, kita bisa berangkat dari dermaga khusus Siba Island Resort yang terletak di Jl. Serma Hanafiah Belawan, tepatnya di sebelah Restoran Marina. Kamu bisa menaiki speed boat yang telah disediakan oleh pengelola Siba Island dengan tarif Rp. 70.000,- pulang pergi (PP) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sepanjang perjalanan menuju pulau, kita bisa menikmati pemandangan hijau berupa hutan mangrove di pinggiran pantai.

2. Danau Linting

Pulau yang berada di muara Sungai Baharu ini memiliki pemandangan vegetasi hutan mangrove (bakau) yang menghiasi sepanjang perairan.

Danau Linting
Danau Linting

Danau linting secara administratif terletak di tiga desa yaitu di Desa Sibunga-bunga, Desa Gunung Manumpak, dan Desa Durian IV Mbelang Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang.

Kamu cukup menempuh jarak sekitar 70 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 2 jam dari kota Medan melalui Deli Tua dan Patumbak. Sepanjang perjalanan menuju tempat wisata ini kamu akan disuguhi pemandangan hijau perkebunan kelapa sawit, koka hingga karet yang berjejer di pinggir jalan.

Tiket masuk ke dalam tempat wisata ini juga terjangkau yaitu hanya Rp. 5000,- saja. Di dalam kawasan danau ini juga terdapat para pedagang yang menawarkan berbagai ragam makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

Selain itu para pedagang ini juga menawarkan tikar yang dapat disewa dengan harga sekitar Rp. 10.000,- hingga Rp. 20.000,- sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk membawa tikar dari rumah.

Pemandangan di danau ini juga indah dan sejuk. Kamu bisa menikmati hamparan pohon tinggi dan hijau serta semilir angin yang lemut saat menghabiskan waktu di danau ini.

3. The Le Hu Garden

The Le Hu Garden adalah tempat wisata terbaru yang baru-baru ini sedang hits di media sosial yang ada di Deli Serdang.

The Le Hu Garden
The Le Hu Garden

Tempat wisata ini menawarkan pesona bunga-bunga yang indah dan tertata rapi, kolam ikan dan juga pondok-pondok cantik yang cocok kamu jadikan sebagai background disaat berfoto selfie dan di upload ke dalam instagram kamu.

Bunga-bunga yang ada di taman ini juga unik dan menarik dimana ada sebuah spot taman bunga yang di bentuk menjadi berbentuk love yang paling sering dijadikan spot berfoto para anak muda.

Selain berfoto-foto di taman bunga yang unik, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing di area danau dan menyewa perahu sampan hingga edukasi bercocok tanam.

Nah, setelah puas bermain pastinya masalah yang datang yaitu lapar hehe.

Kamu tidak perlu cemas disana juga tersedia restoran yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga yang masih standart kok. Seperti bakwan jagung 10k/ porsi, tempe goreng 10k /porsi, luwak coffe 10k/ porsi, teh panas 5k/ porsi dan lain sebagainya. Sedangkan untuk makanan berat di patok mulai dari harga 20 ribu hingga 60 ribuan.

4. Air Terjun Sampuren Putih

Bagi kamu yang suka dengan petualangan ke lokasi yang lumayan jauh dan medan yang sedikit sulit, tempat wisata air terjun ini bisa menjadi salah satu pilhan.

Air Terjun Sampuren Putih
Air Terjun Sampuren Putih

Air Terjun Sampuren Putih itulah namanya. Air terjun ini terletak di desa Cinta Rakyat atau Bas Ukum , Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.

Untuk sampai ke lokasi air terjun ini kamu bisa memulai perjalanan dari Medan – Padang Bulan – Pancur Batu – Sembahe sampai Sibolangit dengan mengendarai mobil atau sepeda motor dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Perjalanan menuju Desa Basukum ini dimulai dari Simpang Bukum lalu masuk kedalam melewati Desa Sikeben lalu kemudian melewati Desa Martelu, Desa Ketangkuhen, Desa Sukamaju, Desa Sanggehen hingga terakhir dapatlah Desa Basukum.

Dari Simpang Basukum ini kamu harus menempuh jalan lagi dengan waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke lokasi Air Terjun Sampuren Putih ini.

Dari Desa Basukum inilah adrenalin kamu akan diuji oleh akses jalan yang cukup ekstrem meuju air terjun ini.

Kondisi jalan memang baik namun memiliki tanjakan dan turunan di tambah lagi belokan yang curam. Namun, setelah kamu sampai di lokasi air terjun Sampuren Putih ini semua letih dan penat kamu selama dalam perjalanan akan terbayar.

Air terjun Sampuren Putih ini memiliki ketinggian sekitar 3 meter dan berdasarkan informasi air terjun ini merupakan air terjun tujuh tingkat. Air dari air terjun Sampuren Putih ini keluar dari mulut goa yang berdiameter sekitar 10 meter dan pada saat jatuh air terjun ini membentuk buih yang putih sehingga dinamai air terjun putih.

Selain itu air terjun ini juga memiliki kandungan belerang yang di percaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Oleh karena banyak pengunjung yang tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berendam di sekitaran air terjun ini.

5. Pantai Salju

Tempat wisata yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin menikmati wahana air.

Pantai Salju
Pantai Salju

Tempat wisata ini masih asri sehingga pantai salju ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang igin menghabiskan waktu dengan keluarga. Pantai Salju ini di aliri air yang berasal dari pegunungan dari dataran tinggi.

Tahukah kamu jika air yang berasal dari dataran tinggi mengandung oksigen yang lebih tinggi di banding air yang berasal dari dataran rendah. Sehingga lama-lama bermain air di pantai ini akan memberikan manfaat yang menyehatkan bagi tubuh dan menyegarkan karena air pantai dingin dan bersih.

Dinamakan Pantai Salju karena air yang mengalir di batu-batu cadas ini memecah seperti salju sehingga pantai ini dinamakan Pantai Salju.

Tiket masuk kesini biasanya per mobil beserta seluruh penumpang di dalnya dikenakan biaya sekitar Rp. 15.000,- hingga Rp. 25.000,- tergantung kesepakatan.

6. Air Terjun Lembah Loknya

Tempat wisata yang satu ini juga berupa air terjun yang tak kalah indah dari air terjun Sampuren Putih.

Air Terjun Lembah Loknya
Air Terjun Lembah Loknya

Air Terjun Lembah Lok ini berada di Desa Bandar Baru, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Kata Loknya merupakan singkatan dari kata Lokasi Nyaman.

Air terjun ini menawarkan perpaduan wisata air terjun, sungai, pepohonan rimbun, dan suasana pedesaan yang ada di lokasi air terjun ini.

Lokasi air terjun ini juga tidak terlalu jauh dari jalan besar menuju Berastagi. Hanya sekitar 1 kilometer dari jalan Sibolangit, melewati jalan beraspal dan rumah-rumah warga yang ramai, lokasi tempat wisata ini mudah ditemukan.

Disana juga tersedia fasilitas seperti pondok lesehan, penginapan, aula kamar, kamar mandi umum, mushalla hingga warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Selain itu tempat wisata ini juga dekat dengan Pasar Buah dan Pasar Oleh-oleh Berastagi. Jadi pada saat pulang atau menuju air terjun ini kamu bisa singgah sebentar untuk membeli buah atau jajanan untuk di bawa ke lokasi air terjun atau sebagai oleh-oleh pulang.

7. Air Terjun Pelangi

Satu lagi, Deli Serdang memiliki air terjun cantik yang bernama Air Terjun Pelangi. 

Air Terjun Pelangi
Air Terjun Pelangi

Air terjun ini berada di Desa Tanjung Timur, Kabupaten Deli Serdang. Lokasi menuju air terjun ini dapat di tempuh mulai dari Medan – Amplas – Patumbak – STM Hilir – Danau Linting hingga Air Terjun Pelangi dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Tiba di lokasi, kita kan turun ke bawah menuju air terjun dengan menggunakan tangga yang sudah tersedia seperti di air terjun Sipiso-Piso.

Suasana di air terjun ini juga masih sangat asri, sejuk dan alami. Pemandangan kebawah menuju air terjun pun juga indah karena banyak batu-batu yang indah seperti batu corak khas jaman dahulu.

Air dari air terjun ini pun dingin dan bersih sehingga cocok bagi kita untuk mandi-mandi atau bermain air bersama keluarga.

8. Arena Bermain Green Hill City

Arena bermain ini sangat di minati oleh masyarakat sekitar Medan bahkan turis luar negeri karena arena bermain ini memang sudah bertaraf internasional.

Hillpark Sibolangit
Hillpark Sibolangit

Green Hill City merupakan salah satu kawasan perumahan elit di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Tak lama kemudian, kawasan perumahan itu dilengkapi dengan sebuah taman hiburan mirip Dufan yang ada di Jakarta dan kemudian di beri nama Green Hill Park.

Arena bermain yang dibangun di tengah-tengah perumahan hijau dan berkelas ini terdapat berbagai macam wahana seperti Roller Coaster, Kincir Raksasa, Bioskop 4D, dan masih banyak lagi.

Suasana di dalam arena bermain juga sejuk dan asri karena berada di tengah pegunungan Sibolangit yang membuat pengunjung merasa nyaman bermain.

Tiket masuk ke dalam arena bermain ini yaitu Rp. 10.000,- dan ada juga tiket untuk per hari seharga Rp. 45.000,- per orang. Harga tiket tersebut sudah termasuk 15 kali permainan.

9. Taman Pramuka Sibolangit

Keindahan alam dan sejuknya udara di taman ini cocok buat kamu untuk melakukan rekreasi bersama keluarga dengan suasana pegunungan.

Taman Pramuka Sibolangit
Taman Pramuka Sibolangit

Taman pramuka atau lebih dikenal dengan nama Bumi Perkemahan Sibolangit adalah kawasan perkemahan seluas 350 hektar.

Lokasi ini juga cocok bagi kamu yang suka dengan olahraga outbond karena lokasinya yang luas dan nyaman.

Lokasi taman ini juga pernah digunakan sebagai lokasi Jambore Nasional Gerakan Pramuka Indonesia pada tahun 1997.

Taman Pramuka Sibolangit ini terletak di jalan Medan – Berastagi sekitar 45 kilometer dari kota Medan dengan menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

10. Kampung Ladang Outbond

Kampung ladang ini menawarkan tempat yang nyaman dan luas dengan suasana asri khas pedesaan.

Kampung Ladang Outbond
Kampung Ladang Outbond

Kampung ladang outbond ini merupakan sebuah pusat rekreasi dan pusat outbond yang berada di Jalan Tuntungan – Tanjung Anom, Kabupaten Deli Serdang.

Disana juga terdapat sebuah telaga yang terlihat tenang dan menyenangkan untuk dilihat. Suasana tempat yang tenang dan nyaman ini cocok digunakan sebagai tempat untuk menghabiskan liburan bersama keluarga atau sahabat.

Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan beragam peralatan dan wahana outbond yang menyenangkan. Wahana outbond ini seperti ATV, mobil boogie, sampan, flying fox, fish game, aral rafting, trampolin, dan high roop.

Ada juga permainan terbaru yang dimainkan secara kelompok minimal 6 orang yaitu Paint Ball yang paling digemari oleh pengunjung.

Selain itu, lokasi ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan pemotretan pre wedding karena lokasi nya yang indah dan romantis sehingga cocok di jadikan sebagai tempat pengambilan foto pernikahan.

Nah, itu dia beberapa tempat wisata di Deli Serdang yang wajib untuk kamu kunjungi jika ingin mencari tempat wisata untuk menghabiskan waktu di akhir pekan atau liburan panjang.

Tempat wisata di atas juga tidak terlalu jauh dari kota Medan sehingga kamu dapat melakukan perjalanan satu hari jika masih ada kegiatan yang harus dilakukan pada esok harinya.

Oiya… jika berkunjung ke Deli Serdang jangan lupa untuk singgah ke Pojok UKM Deli Serdang ya…

Pojok UKM merupakan tempat belanja hasil produksi UMKM Deli Serdang mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan hingga souvenir yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Deli Serdang yang pastinya unik dan menarik.

Pojok UKM Deli Serdang terletak di Jalan Karya Utama No. 4 Lubuk Pakam (Komplek Kantor Bupati Deli Serdang). Lebih tepatnya terletak disamping Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang.

Pojok UKM kini juga sudah hadir di Taman Buah Lubuk Pakam lho…

Pojok UKM Taman Buah Lubuk Pakam berada di area sebelah kiri Pintu Masuk Utama Taman Buah Lubuk Pakam. Tepatnya berada di area sebelah kiri Patung Buah Taman Buah Lubuk Pakam.

Jadi, buat kamu yang ingin berekreasi ke Taman Buah Lubuk Pakam, kamu bisa singgah sebentar ke Pojok UKM untuk membeli cemilan atau oleh-oleh khas Deli Serdang pastinya.

Produk UMKM Deli Serdang ini juga bisa kamu pesan secara online via website Deli Serdang Mall di www.deliserdangmall.com atau via chat WhatsApp di 0811 6147 773

Atau download langsung aplikasinya di Play Store untuk pemesanan kapan saja dan dimana saja.

Beragam produk UMKM Deli Serdang juga bisa kamu temukan di P3UD (Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah) Deli Serdang yang terletak di Jalan Medan – Lubuk Pakam kilometer 20,2 Tanjung Morawa.

Oke… Happy Traveling 😉