10 Menu Buka Puasa Yang Layak Anda Coba

Setelah menjalani ibadah puasa selama 14 jam penuh tentunya kita menginginkan menu buka puasa yang enak dan lezat untuk membatalkan puasa.

Momen yang di tunggu-tunggu ketika bulan ramadhan adalah saat berbuka puasa. Saat berbuka puasa biasanya kita akan disuguhi banyak menu buka puasa yang enak dan lezat yang dihidangkan di atas meja.

Hal ini memang tidak dipungkiri lagi. Karena setelah menjalani ibadah puasa selama 14 jam penuh tentunya kita menginginkan menu buka puasa yang enak dan lezat untuk membatalkan puasa.

Bagi para ibu rumah tangga tentunya pasti bingung untuk menyajikan menu buka puasa apa yang harus dihidangkan. Jika menu buka puasa yang dihidangkan itu-itu saja, pastinya keluarga di rumah akan bosan dan tidak semangat untuk berbuka puasa di rumah.

Nah, bagi para ibu rumah tangga jangan khawatir ya!

Kali ini saya akan memberikan 10 menu buka puasa yang layak Anda coba.

Menu-menu berikut ini juga sehat dan praktis sehingga Anda tidak akan repot dan menghabiskan waktu terlalu lama di dapur.

Penasaran?!

Oke… Let’s check it out 😉

1. Kurma dan Segelas Teh Hangat

Kurma dan Segelas Teh Hangat
Kurma dan Segelas Teh Hangat

Menu buka puasa pertama yang paling simple dan praktis adalah kurma dan segelas teh hangat. Kombinasi kurma dan segelas teh hangat ini memang merupakan kombinasi yang nikmat untuk membatalkan puasa.

Selain itu, berbuka dengan kurma juga merupakan suatu sunnah nabi Muhammad SAW. Jadi, sambil berbuka kita juga pastinya akan mendapatkan pahala tambahan dari menu berbuka tersebut.

Manfaat yang diberikan dari kombinasi kurma dan segelas teh hangat ini juga banyak sekali. Salah satu manfaat kurma saat berbuka puasa adalah mudah dicerna oleh perut.

Saat berpuasa, perut kosong selama berjam-jam tentunya membutuhkan makanan yang mudah dicerna sehingga perut tidak kaget dan lelah akibat harus bekerja dengan tiba-tiba.

Sedangkan teh hangat sangat baik untuk kesehatan karena mampu membantu mengembalikan energi yang lemah dan lesu selama berpuasa.

2. Kolak Pisang

Kolak Pisang
Kolak Pisang

Kolak pisang merupakan salah satu menu berbuka puasa paling favorit masyarakat Indonesia saat bulan ramadhan. Rasanya yang manis memang banyak disukai banyak orang, apalagi disajikan saat panas.

Selain rasanya yang manis, berbuka dengan kolak pisang juga mengenyangkan. Hal ini dikarenakan bahwa ternyata kolak pisang memiliki berbagai macam nutrisi seperti lemak, kalsium, mineral, karbohidrat, kalium dan juga protein.

Kandungan tesebutlah yang membuat kita cepat merasa kenyang saat berbuka. Hanya saja, karena tingginya kadar kalori dalam kola pisang, ada baiknya kita tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan.

Selain itu, menu kolak pisang ternyata juga bisa membantu mengobati mereka yang menderita masalah maag. Seperti yang kita tahu bahwa penderita maag tidak boleh asal-asalan mengkonsumsi hidangan berbuka.

3. Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda
Es Kelapa Muda

Es kelapa muda memang cocok untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Kesegaran dari air kelapa muda ini tentunya mampu menghilangkan dahaga selama berpuasa selama 14 jam penuh.

Ketika menjalankan ibadah puasa, tentuny tubuh kita akan kekurangan banyak cairan tubuh. Sehingga air kelapa merupakan pilihan yang tepat untuk mengembalikan cairan tubuh kita tersebut.

Hal ini dikarenakan bahwa air kelapa mengandung lebih banyak air,yakni sekitar 95% sehingga menjadikannya sebagai minuman hidrasi yang hebat. Selain itu, air kelapa juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal tubuh dari radikal bebas.

Minuman ini juga mengandung kalium yakni mineral vital yang diperlukan tubuh. Satu porsi air kelapa mencakup sekitar 13% kebutuhan kalium harian.

4. Es Sop Buah

Es Sop Buah
Es Sop Buah

Menu berbuka puasa yang segar lainnya setelah es kelapa adalah es sop buah. Selain menyegarkan, kita juga mendapatkan berbagai vitamin yang terkandung dari buah-buah yang digunakan dalam sop buah tersebut.

Cara membuat sop buah ini juga cukup mudah dan praktis.

Anda cukup menyiapakan berbagai macam jenis buah segar seperti strawberry, alpukat, melon, nangka, apel, buah naga, mangga, susu dan es serut.

Kombinasi buah, susu dan es tersebut pastinya sangat menyegarkan sekaligus mengenyangkan sehingga cocok untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

5. Es Pisang Ijo

 Es Pisang Ijo
Es Pisang Ijo

Menu yang satu ini bahan dasarnya terbuat dari buah pisang yang diselimuti dengan dadar berwarna hijau yang lembut. Setelah itu, buah pisang dipotong kecil-kecil, lalu dihidangkan bersama dengan susu, sirup dan es merupakan kesegaran yang hakiki.

Menu es pisang ijo ini sangat baik bagi penderita maag yang tidak boleh asal-asalan mengkonsumsi hidangan berbuka. Bahkan dapat menyembuhkan penyakit maag Anda secara perlahan.

Selain itu, pisang hijau juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berfikir dan mengingat. Kandungan fosfor yang tinggi mampu membantu kinerja saraf untuk bekerja lebih optimal.

Olahan pisang hijau menjadi es pisang ijo tidak akan menurunkan kadar protein atau nutrisi yang dikandung. Tambahan bahan lainnya seperti tepung terigu yang digunakan untuk menyelimuti pisang ijo tersebut juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

6. Es Kolang Kaling

Es Kolang Kaling
Es Kolang Kaling

Buah yang satu ini sering juga disebut dengan buah atap. Buah ini memiliki bentuk yang lonjong dan tekstur yang kenyal. Memiliki kandungan vitamin A dan C yang sangat baik untuk mata dan kulit.

Nah, saat bulan puasa, biasanya buah ini banyak sekali tersedia di pasar-pasar. Ibu-ibu sering mengolahnya untuk dijadikan es kolang-kaling.

Selain karena proses membuatnya yang cukup mudah dan praktis, buah kolang-kaling sendiri juga memiliki beberapa manfaat.

Salah satu manfaat kolang-kaling yaitu untuk memperkuat tulang dan melancarkan pencernaan. Kolang kaling juga memiliki kandungan serat yang baik sekali untuk kesehatan jantung dan pencernaan.

7. Es Timun Suri

Es Timun Suri
Es Timun Suri

Es timun suri juga merupakan menu yang segar untuk dihidangkan saat berbuka puasa. Es satu ini dapat menyegarkan tenggorokan setelah berpuasa.

Selain itu, es timun suri juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Seperti asam linoleat, vitamin A, vitamin C, kalium, potasium dan magnesium yang baik untuk tubuh.

Kandungan vitamin tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas dan memperbaiki sistem pencernaa.

Jika Anda tertarik untuk membuatnya, hidangkanlah es timun suri ini dengan susu kental manis agar rasanya lebih mantap.

8. Es Rumput Laut

Es Timun Suri
Es Timun Suri

Es timun suri juga merupakan menu yang segar untuk dihidangkan saat berbuka puasa. Es satu ini dapat menyegarkan tenggorokan setelah berpuasa.

Selain itu, es timun suri juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Seperti asam linoleat, vitamin A, vitamin C, kalium, potasium dan magnesium yang baik untuk tubuh.

Kandungan vitamin tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas dan memperbaiki sistem pencernaa.

Jika Anda tertarik untuk membuatnya, hidangkanlah es timun suri ini dengan susu kental manis agar rasanya lebih mantap.

9. Bubur Sumsum

Bubur Sumsum
Bubur Sumsum

Bubur sumsum adalah sejenis bubur yang dibuat dari tepung beras yang disantap dengan dituangi saus manis dari gula merah. Disebut bubur sumsum karena warnanya yang putih seperti sumsum tulang.

Makanan ini biasanya banyak dijual oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan pada saat bulan ramadhan. Cita rasa dari gurihnya santan ditambah dengan siraman gula merah yang manis memang merupakan kombinasi yang pas untuk berbuka.

Tepung beras yang jadi bahan utamanya mengandung banyak nutrisi.

Seperti mineral, vitamin dan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus juga sistem pencernaan. Karena mengandung karbohidrat, tepung beras juga bisa jadi pengganti nasi.

10. Bubur Biji Salak

Bubur Biji Salak
Bubur Biji Salak

Yang dimaksud biji salak disini, bukan biji salak yang sebenarnya. Bubur biji salak sebenarnya bahan utamanya terbuat dari ubi, gula jawa, tepung sagu dan santan.

Menu satu ini juga banyak dijumpai di kala bulan puasa. Namun, khusus untuk menu satu ini, ada baiknya Anda tidak mengonsumsinya terlalu banyak dan sering.

Bubur biji salak yang bahan utamanya terbuat dari umbi ini kaya akan karbohidrat yang dapat membantu untuk mengisi tenaga dan menyehatkan lambung.

Lambung yang seharian kosong memang sebaiknya tidak langsung diisi dengan makanan berat seperti nasi dan lauk-pauknya. Semangkok biji salak bisa menjadi pengisi perut sebelum anda menunaikan ibadah sholat Maghrib.

Nah, itu dia 10 menu buka puasa yang layak Anda coba untuk dijadikan sebagai hidangan berbuka puasa. Menu berbuka diatas terdiri dari es, kolak atau bubur yang enak, manis dan segar.

Selain itu, menu berbuka diatas juga sehat dan praktis. Mudah kan?!

Oiya… jika kamu sedang mencari cemilan untuk berbuka puasa selama di bulan ramadhan kamu bisa kunjungi Pojok UKM Deli Serdang ya…

Pojok UKM merupakan tempat belanja hasil produksi UMKM Deli Serdang mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan hingga souvenir yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Deli Serdang yang pastinya unik dan menarik.

Pojok UKM Deli Serdang terletak di Jalan Karya Utama No. 4 Lubuk Pakam (Komplek Kantor Bupati Deli Serdang). Lebih tepatnya terletak disamping Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang.

Pojok UKM kini juga sudah hadir di Taman Buah Lubuk Pakam lho…

Pojok UKM Taman Buah Lubuk Pakam berada di area sebelah kiri Pintu Masuk Utama Taman Buah Lubuk Pakam. Tepatnya berada di area sebelah kiri Patung Buah Taman Buah Lubuk Pakam.

Jadi, buat kamu yang ingin berekreasi ke Taman Buah Lubuk Pakam, kamu bisa singgah sebentar ke Pojok UKM untuk membeli cemilan atau oleh-oleh khas Deli Serdang pastinya.

Produk UMKM Deli Serdang ini juga bisa kamu pesan secara online via website Deli Serdang Mall di www.deliserdangmall.com atau via chat WhatsApp di 0811 6147 773

Atau download langsung aplikasinya di Play Store untuk pemesanan kapan saja dan dimana saja.

Beragam produk UMKM Deli Serdang juga bisa kamu temukan di P3UD (Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah) Deli Serdang yang terletak di Jalan Medan – Lubuk Pakam kilometer 20,2 Tanjung Morawa.

Oke… Selamat Berpuasa 😉